redaksi@lagihot.com

Image
Ilustrasi Ibu Usai Persalinan. Kredit: Splash/simplified

Ini Mom, Olahraga Ringan bagi Ibu Usai Persalinan

Editor: Ngarto Februana

Ibu yang baru melahirkan memang disarankan untuk melakukan olahraga ringan setelah pulih dari persalinan. Berikut beberapa hal penting yang perlu diketahui. Pertama, setelah melahirkan, tubuh ibu memerlukan waktu untuk beristirahat dan pulih. Umumnya disarankan untuk mulai berolahraga sekitar 4-6 minggu setelah persalinan, tergantung dari komplikasi yang dialami selama atau setelah melahirkan.

Olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga ringan, atau latihan pernapasan dapat membantu memperkuat otot-otot yang terpengaruh selama kehamilan dan persalinan. Hal ini dapat membantu proses pemulihan.

Olahraga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki postur tubuh, dan mengatasi masalah seperti nyeri punggung atau sembelit pasca melahirkan.

Sebelum memulai olahraga, ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk memastikan aktivitas yang aman dan sesuai dengan kondisi masing-masing.

Intinya, olahraga ringan sangat direkomendasikan bagi ibu pasca melahirkan, namun harus dilakukan dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan tenaga medis. Semoga informasi ini membantu. Jangan ragu untuk menanyakan hal lain.

Ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari oleh ibu pasca melahirkan, setidaknya pada tahap awal pemulihan. Contohnya antara lain olahraga high-impact: lari, lompat, atau gerakan yang memberi beban besar pada tubuh sebaiknya dihindari selama beberapa bulan pertama. Aktivitas ini dapat membebani otot-otot dan sendi yang masih dalam proses pemulihan.

Idealnya, ibu pasca melahirkan mulai dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, atau latihan pernapasan. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai program olahraga. Pemulihan yang baik sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi.

Sumber: Diolah dari percakapan AI, antara lain POE



Latihan Pernapasan

Terdapat beberapa jenis latihan pernapasan yang direkomendasikan untuk ibu pasca melahirkan, terutama pada tahap awal pemulihan:

1. Pernapasan diafragmatik (pernapasan perut): Teknik ini memfokuskan pada pergerakan perut saat bernafas, bukan dada. Latihan ini dapat membantu menguatkan otot-otot pernapasan yang terpengaruh selama kehamilan dan persalinan.

2. Pernapasan berirama: Teknik ini melibatkan menghirup napas dalam melalui hidung dan menghembuskannya perlahan melalui mulut. Latihan ini dapat membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres pasca melahirkan.

Latihan-latihan ini sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter atau fisioterapis, terutama pada tahap awal pemulihan. Konsultasikan dengan tenaga medis untuk memastikan latihan yang aman dan sesuai dengan kondisi ibu.